Rabu, 14 Agustus 2013

0 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

Share |
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI


Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan.
Elemen system :
Tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama, tapi suatu susunan dasar adalah : Input, Transformasi, Output, Mekanisme Kontrol, Tujuan.


Jenis Sistem :
1. Sistem terbuka : sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumberdaya.
2. Sistem Tertutup : sistem yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkungannya.

Sistem Fisik : sistem yang terdiri dari sejumlah sumber daya fisik.
Sistem Konseptual : sistem yang menggunakan sumberdaya konseptual (data dan informasi ) untuk mewakili suatu sistem fisik.

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklafikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. 

A.  Definisi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah merupakan sistem informasi formal, memiliki tujuan (kegunaan), tahap, tugas, pengguna, dan sumber daya dan mencakup ke seluruh kegiatan perusahaan dalam penyediaan informasi bagi semua pengguna di perusahaan tersebut.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi financial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

B.  Karakteristik SIA

  1. SIA melaksanakan tugas yang diperlukan
  2. Berpegang pada prosedur yang relative standar
  3. Menanggani data rinci
  4. Berfokus histories
  5. Menyediakan informasi pemecahan minimal
 Perbedaan SIA dan SIM :
  1. SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan
  2. SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi.

Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari unsure-unsur atau komponen yang saling berinteraksi satu dengan lainnya, antara lain :

Masukan (Input)
Input merupakan data yang dimasukan ke dalam sistem informasi. Masalah input mencakup metode-metode dan media (umumnya dokumen sumber) untuk menangkap data yang akan dimasukkan ke sistem.

Model Proses (Process)
Model ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data. Data tersebut disimpan di bank-data dengan cara tertentu untuk menghasilkan suatu keluaran yang diinginkan

Keluaran (Output)
Hasil dari sistem informasi adalah keluaran atau output yang merupakan informasi yang berkualitas atau laporan-laporan yang berguna untuk tingkat manajemen dan semua pemakai informasi.

Teknologi (Technology)
Teknologi merupakan “kotak alat” (tool-box) di dalam sistem informasi. Teknologi berguna untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran (output) dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.

Basis Data (Database)
Kumpulan dari data yang terkait atau berhubungan secara terpadu satu sama lain, tersimpan diperangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya ini merupakan basis data. Data yang ada dalam basis data perlu disimpan untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan supaya menghasilkan informasi yang berkualitas. Organisasi basis data juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi/diolah dengan menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management Systems).

Kendali (Control)
Pengendalian-pengendalian perlu diterapkan di dalam sistem supaya sistem informasi dapat berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti misalnya terjadi salah proses, salah formula, data input yang dimasukkan salah atau disalahgunakan, sistem yang belum teruji sudah dijalankan. Agar resiko yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi dapat segera diatasi, perlu dirancang dan diterapkan beberapa pengendalian intern untuk meyakinkan bahwa segala sesuatu sudah berjalan seperti yang seharusnya.

C. Tujuan SIA
Pada dasarnya tujuan disusunnya sistem informasi adalah :
1. Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen suatu organisasi/perusahaan, karena manajemen bertanggungjawab untuk menginformasikan pengaturan dan penggunaan sumber daya organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.
2. Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen, karena sistem informasi memberikan informasi yang diperlukan oleh pihak manajemen untuk melakukan tanggung jawab pengambilan keputusan.
3. Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan hari demi hari. Sistem informasi membantu personil operasional untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

D. Subsistem SIA
Karena SIA merupakan suatu sistem informasi yang cukup rumit, dan untuk mempermudah pengelolaan, SIA dibagi menjadi beberapa subsistem :
1.  Reveneue Cycle
Mencakup penjualan dan pemasukan dalam bentuk uang tunai.
2.  Expenditure Cycle
Kegiatan pembelian dan pembayaran dengan uang tunai.
3.  Human Resources/payroll Cycle
Mencakup kegiatan mengontrak dan menggaji para pegawai.
4.  Production Cycle
Proses merubah bahan mentah menjadi bahan jadi.
5.  Financing Cycle
Mencakup kegiatan untuk mendapatkan data dari investor, serta pembayaran mereka lagi.

By : http://cobacarisini.blogspot.com

REFERENSI


http://organisasi.org/pengertian_dan_penjelasan_dasar_akuntansi_definisi_arti_fungsi_dan_kegunaan_belajar_ilmu_akutansi_accounting
http://blog.re.or.id/pengertian-informasi.htm
http://duniasisteminformasi.blogspot.com/2011/03/pengertian-sistem-informasi-akuntansi.html
http://rooswhan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/72/SISTEM+INFORMASI+AKUNTANSI.doc
http://rotarimustikamaharani.student.umm.ac.id/files/2010/02/F017444778.pdf

Artikel Yang Berkaitan

0 komentar:

Posting Komentar